Perangkat Keras Komputer (Hardware)


Nama    : Fauziah Nur Faqih
Nim      : 190631100123
Kelas 2D

Perangkat Keras Komputer (Hardware)

        Perkembangan teknologi elektronik yang paling pesat dan banyak dipakai dibanyak bidang dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memperoleh informasi tidak lain adalah komputer. Perkembangan komputer ini diakibatkan oleh perkembangan mikroprosesor (processor) sebagai otak dalam menangani keseluruhan dari kerja komputer.

  1. Perkembangan Mikroprosesor Intel dan Personal Computer (PC)
sesuai dengan waktu evolusi generasi-generasi prosesor yang baru bermunculan dengan performance yang lebih canggih, baik dari segi kualitas maupun kerumitannya.
         2. Processor selain Intel dan Perkembangannya
Pangsa pasar yang menggiurkan untuk teknologi Komputer di Indonesia menyebabkan processor yang ada di Pasar tidak hanya produk Intel Co.

Hardware dapat berkerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang biasa disebut dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang ditentukan oleh pemberi perintah.
1.      Pengertian hardware menurut beberapa ahli
  • Ali Zaki

Menurut Ali Zaki, pengertian hardware adalah bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam perangkat komputer.
  •  Joko Untoro
Menurut Joko Untoro, pengertian hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.
  • Raya Fahreza
Menurut Raya Fahreza, pengertian hardware adalah bagian dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi software.


Dari pengertian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa Hardware adalah komponen computer atau elektronik yang mempunyai bentuk fisik, yang dapat dipegang dan berkaitan dengan system computer. Apabila hardware tidak ada, maka tidak ada computer. Agar computer dapat digunakan secara normal dan baik harus ada hardware, software dan brainware. Jika salah satunya tidak ada, maka sebuah perangkat computer tidak dapat digunakan.

2.      Fungsi Hardware

Hardware berfungsi memudahkan pengguna computer dalam bekerja atau dengan adanya hardware yang lengkap maka system computer dapat berjalan dengan baik. Fungsi hardware itu sendiri sesuai dengan jenis hardware yang ada. Seperti yang disebutkan di atas, pengertian hardware adalah komponen dalam komputer yang dapat dilihat secara kasat mata dan memiliki fungsi tertentu. Masing-masing hardware komputer memiliki fungsi yang berbeda. Secara umum, ada empat fungsi utama dari hardware, diantaranya adalah:
  • Menerima Input

Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.
  •  Mengolah Data/ Informasi
Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.


  • Memberikan Output

Setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.


  • Menyimpan Data/ Informasi

Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.
3.      Jenis – jenis hardware

Hardware dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
a.       Hardware input (input device)
Hardware input atau disebut dengan input device merupakan peranngkat yang digunakan untuk memasukkan data ke computer yang lalu data tersebut masuk dalam tahap pengolahan atau sebuah proses. Banyak jenis perangkat untuk menginput dan mengontrol sebuah computer. Contoh hardware input : mouse, keyboard, scanner, mouse pen, disk drive, joystick, trackball.
b.      Hardware process (process device)
Process device atau perangkat pemrosesan adalah untuk memproses dan mengolah data – data pada computer. Perangkat ini bisa disebut juga otak dari sebuah computer, karena merupakan perangkat yang penting untuk melakukan proses terhadap data yang input atau dimasukkan. Contoh hardware process adalah CPU, VGA, RAM, Dll.
c.       Output Device  (Hardware Output)
Hardware output merupakan perangkat keras yang dipakai untuk mencetak dan menampilkan informasi hasil dari inputan data dari hardware input dan telah melewati pemrosesan oleh hardware proses. Contohnya : monitor, speaker, dan printer.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa hardware atau perangkat keras itu suatu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari komputer. Tanpa adanya hardware, komputer tidak bisa melakukan pengoperasiannya dengan baik.

Komentar