pengantar multimedia


Nama    : Fauziah Nur Faqih
Nim      : 190631100123
kelas    : 2D
Pengantar Multimedia

Perkembangan teknologi yang pesat membuat segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah serta praktis. Banyaknya temuan baru di dunia teknologi mempermudah pelbagai macam aktivitas yang dilakukan dalam keseharian manusia. Mudahnya mengakses informasi di pelbagai media, berkaitan erat dengan istilah multimedia. Bagi generasi millennial yang kreatif, inovatif, serta suka pelbagai hal baru menikmati multimedia yang dihadirkan di dunia teknologi dan informasi. Penyampaian informasi yang menarik kepada public adalah senjata utama bagi multimedia. Penyampaian informasi dalam media saat ini banyak disajikan dengan elemen multimedia seperti VIK Kompas dan Tirto.id. Sebagian orang bertanya. Multimedia itu seperti apa? Banyak sekali multimedia yang bisa digunakan dari multimedia ini, multi media dapat digunakan untuk pendidikan dan umum.

Multimedia sebagai pendidikan dalam media pembelajaran terdapat macam-macam media pembelajaran salah satunya adalah multimedia pembelajaran. Multimedia adalah sarana atau media yang menggabungkan antara teks, gambar, audio, video, dan animasi.tidak ada media yang unggul, sebab semua media pembelajaran itu sama, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Manfaat media pendidikan dalam proses belajar menurut Hamalik (1986) antara lain sebagai peletakkan dasar-dasar yang kongkrit dalam berfikir untuk mengurangi ‘verbalisme’, memperbesar minat siswa, membuat pelajaran lebih menyenangkan sehingga berdampak kepada hasil pembelajaran yang lebih memuaskan.

Keunggulan multimedia sebagai pembelajaran menurut Bates (1995) menekankan bahwa diantara media-media lain, interaktivitas multimedia atau media lain yang berbasis komputer adalah yang paling nyata (overt). Interaktivitas nyata di sini adalah interaktivitas yang melibatkan fisik dan mental dari pengguna saat mencoba program multimedia. Sebagai perbandingan media buku atau televisi sebenarnya juga menyediakan interaktivitas, hanya saja interaktivitas ini bersifat samar (covert) karena hanya melibatkan mental pengguna.

Multimedia untuk umum, dimana multimedia ini digunakan untuk keidupan sehari-hari atau untuk para pekerja dimana  yang menggunakan adalah masarakat kalangan umum Multimedia secara umum ini merupaka kombinasi menarik dari perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang memungkinkan untuk mengintegerasikan video,audio,grafik,dan sumber daya pengujian untuk membuat suatu pekerjaan. Seperti contohnya penggunaan multimedia yang dilakukan oleh seorang arsitek. Seorang arsitektur juga membutuhkan multimedi untuk mendesign pekerjaanya.

Lalu apa sih contoh dari multimedia?. Pada umunya multimedia ini berupa aplikasi perangkat lunak seperti power point, adobe primiere, adobe flash dan lainnya. Berdasarkan karakteristiknya multimedia dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif. Multimedia linear merupakan multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat bantu apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Contohnya seperti TV, film, musik, dan lain-lain. Sedangkan multimedia interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat bantu yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Contohnya seperti game, pembelajarn interaktif, pemutar video dan lain-lain.


Komentar