Nama : Fauziah Nur Faqih
Nim : 190631100123
kelas : 2D
Pengantar Multimedia
Perkembangan teknologi yang pesat membuat
segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah serta praktis. Banyaknya temuan baru di
dunia teknologi mempermudah pelbagai macam aktivitas yang dilakukan dalam
keseharian manusia. Mudahnya mengakses informasi di pelbagai media, berkaitan
erat dengan istilah multimedia. Bagi generasi millennial yang kreatif,
inovatif, serta suka pelbagai hal baru menikmati multimedia yang dihadirkan di
dunia teknologi dan informasi. Penyampaian informasi yang menarik kepada public
adalah senjata utama bagi multimedia. Penyampaian informasi dalam media saat
ini banyak disajikan dengan elemen multimedia seperti VIK Kompas dan Tirto.id. Sebagian orang bertanya.
Multimedia itu seperti apa? Banyak sekali multimedia yang bisa digunakan dari
multimedia ini, multi media dapat digunakan untuk pendidikan dan umum.
Multimedia sebagai
pendidikan dalam media pembelajaran terdapat
macam-macam media pembelajaran salah satunya adalah multimedia pembelajaran.
Multimedia adalah sarana atau media yang menggabungkan antara teks, gambar,
audio, video, dan animasi.tidak ada media yang unggul, sebab semua media
pembelajaran itu sama, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya
masing-masing. Manfaat
media pendidikan dalam proses belajar menurut Hamalik (1986) antara lain
sebagai peletakkan dasar-dasar yang kongkrit dalam berfikir untuk mengurangi
‘verbalisme’, memperbesar minat siswa, membuat pelajaran lebih menyenangkan
sehingga berdampak kepada hasil pembelajaran yang lebih memuaskan.
Keunggulan multimedia sebagai pembelajaran menurut Bates (1995) menekankan bahwa diantara media-media lain, interaktivitas
multimedia atau media lain yang berbasis komputer adalah yang paling nyata (overt).
Interaktivitas nyata di sini adalah interaktivitas yang melibatkan fisik dan
mental dari pengguna saat mencoba program multimedia. Sebagai perbandingan
media buku atau televisi sebenarnya juga menyediakan interaktivitas, hanya saja
interaktivitas ini bersifat samar (covert) karena hanya melibatkan
mental pengguna.
Multimedia untuk umum, dimana multimedia ini digunakan
untuk keidupan sehari-hari atau untuk para pekerja dimana yang menggunakan adalah masarakat kalangan
umum Multimedia secara umum ini merupaka kombinasi menarik dari perangkat keras dan perangkat
lunak komputer yang memungkinkan untuk mengintegerasikan video,audio,grafik,dan
sumber daya pengujian untuk membuat suatu pekerjaan. Seperti
contohnya penggunaan multimedia yang dilakukan oleh seorang arsitek. Seorang arsitektur
juga membutuhkan multimedi untuk mendesign pekerjaanya.
Lalu apa sih contoh dari multimedia?. Pada umunya multimedia
ini berupa aplikasi perangkat lunak seperti power point,
adobe primiere, adobe flash dan lainnya. Berdasarkan karakteristiknya
multimedia dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu multimedia linear dan
multimedia interaktif. Multimedia linear merupakan multimedia yang tidak
dilengkapi dengan alat bantu apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna.
Contohnya seperti TV, film, musik, dan lain-lain. Sedangkan multimedia
interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat bantu yang dapat
dioperasikan oleh
pengguna. Contohnya seperti game, pembelajarn interaktif, pemutar video dan
lain-lain.
Komentar
Posting Komentar