Perbedaan piramida penduduk

Perbedaan Piramida Penduduk

      Piramida penduduk merupakan data penduduk suatu wilayah yang disajikan dalam bentuk diagram batang . Penduduk dapat dikelompokkan berdasarkan umur, pendidikan, pekerjaan, agama, dan jenis kelamin. Piramida penduduk ini digambarkan mendatar berdasarkan umur dan jenis kelamin. Data yang menunjukkan umur berada di tengah yang menjulang keatas sedangkan data berdasarkan jenis kelamin laki-laki berada disebelah kiri dan perempuan berada disebelah kanan.

     Piramida penduduk dibedakan menjadi 3 yaitu piramida penduduk muda,  piramida penduduk stationer, dan  piramida penduduk tua. Berikut ini adalah perbedaan piramida penduduk:
  1. Piramida Penduduk Muda (Ekspansif)
       
       
       Piramida ini berbentuk segitiga yang menunjukkan bahwa angka kelahiran lebih besar dari angka kematian. Pertumbuhan penduduk memiliki tingkat tinggi dengan sebagian besar penduduk merupakan penduduk dengan usia muda. Laju pertumbuhan penduduk tergolong lebih cepat.Piramida penduduk seperti ini terdapat pada negara- negara berkembang sepeti Indonesia, Filipina, India dan negara berkembang lainnya.
    
    2. Piramida Penduduk Stationer

      
       
      Piramida ini berbentuk segi empat yang menunjukkan angka kelahiran dan angka kematian relatif sama. Jumlah penduduk muda, dewasa dan juga tua hampir sama. Pertumbuhan penduduk dinegara ini relatif sama atau stationer dengan tingkat pertumbuhan penduduk sangat rendah atau mendekati angka nol. Piramida penduduk ini terdapat pada negara-negara maju seperti Jepang, Singapura dan negara maju lainnya

     3.Piramida Penduduk Tua (Konstruktif)












    Piramida penduduk ini lebih mirip seperti batu nisan.. Pertumbuhan penduduk ini menunjukkan angka kelahiran dan kematian rendah. Tingkat kelahiran lebih rendah dari pada tingkat kematian sehingga tingkat pertumbuhan semakin berkurang. Piramida ini terdiri atas kelompok penduduk dengan umur pertengahan atau median antara umur 26 - 64 tahun. Piramida penduduk ii terdapata pada negara Jerman, Swiss, dan Belgia.




Komentar