peran bioteknologi di bidang peternakan

Peran Bioteknologi Dibidang Perternakan

       
       Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi,virus dan lainnya.Tak hanya pemanfaatan makhluk hidup tetapi juga dari makhluk hidup seperti enzim,dan alkohol dalam proses produksi untuk menghasilkan barang maupun jasa
       Bioteknologi merupakan gabungan dari beberapa ilmu diantaranya biokimia,mikrobiologi,mikologi,fisiologi genetika,biologi,molekuler dan kimia.
       Pada bab kali ini kita akan membahas tentang peranan bioteknologi dibidang perternakan dalam pembuatan pangan.

1.Hibridisasi
       Hibridisasi merupakan perkawinan antara dua individu hewan yang mempunyai dua sifat beda, tetapi dalam satu spesies.Melalui hibridisasi, seorang ahli pemula hewan dapat menghasilkan hewan yang memiliki sifat unggul. Sebagai contoh, sapi A memiliki sifat bedaging gemuk dikawinkan dengan sapi B yang menghasilkan air susu yang banyak, maka dapat dihasilkan individu sapi baru yang memiliki sifat daging gemuk dan menghasilkan susu banyak. Sapi santa gertrudis, sapi brangus, domba marino,dan ayam leghorn merupakan contoh hewan yang dihasilkan melalui hibridisasi.

2.Inseminasi Buatan
       Inseminsi buatan merupakan proses pembuahan dengan bantuan manusia.Sperma dari hewan jantan yang unggul di tampung yang kemudian dimasukkan ke dalam alat inseminasi buatan.Sebelum sperma dimasukkan kedalam rahim betina yang unggul,anus dan usus besar hewan betina dibersihakan terlebih dahulu dari kotoran.Kemudian,tangan orang yang melakukan inseminasi buatan dimasukkan kedalam anus untuk meraba letak rahim hewan betina.Setelah itu alat inseminasi buatan dimasukkan melalui alat kelamin hewan betina itu dan sperma disuntikkan secara perlahan.
       Inseminasi buatan memiliki beberapa keunggulan yaitu sperma dari hewan pejantan unggul dapat disimpan,sperma dari satu pejantan unggul dapat disimpan,sperma dari satu pejantan dapat membuahi banyak hewan dan meningkatkan angka kelahiran dengan cepat.

3.Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika juga dimanfaatkan dalam dunia perternakan seperti beberapa ikan salmon yang diberi gen hormon pertumbuhan asing sehingga hanya dalam jangka waktu setahun pertumbuhannya dapat mencapai ukuran yang biasanya membutuhkan waktu 2-3 tahun.



Komentar