istilah dalam penurunan sifat

Istilah-Istilah Dalam Penurunan Sifat

  1. Hibridasi (pembastaran) adalah perkawinan antara dua individu yang berbeda sifatnya.
  2. Monohibridasi adalah pembastaran dengan satu sifat beda.
  3. Dihibridasi adalah pembastaran dengan dua sifat beda..
  4. Trihibridasi adalah pembastaran dengan tiga sifat beda.
  5. Polihibridisasi adalah pembastaran dengan banyak sifat beda .
  6. Genotif(susunan gen) adalah sifat suatu individu yang tidak tampak dari luar.
  7. Fenotif adalah sifat suatu individu yang dapat diamati oleh indra (tampak dari luar).Fenotip ditentukan oleh faktor genotif dan faktor lingkungan.dalam diagram persilangan fenotif ditulis sesuai dengan penampakannnya,genotif  biasanya ditulis  dengan huruf contoh:TT adalah genotif untuk fenotif tinggi dan tt adalah genotif untuk fenotif pendek.
  8. Faktor dominan adalah faktor yang lebih kuat dari pada yang lain.Faktor dominan akan menutupi faktor yang lain.Muncul baik dalam keadaan homozigot maupun heterozigot.
  9. Faktor resesif adalah faktor yang lemah daripada yang lain.Faktor resesif akan tertutup oleh faktor lain.Hanya muncul jika dalam keadaan homozigot ,diberi simbol huruf kecil.
  10. Faktor intermediet (kodominan/semi dominan)adalah faktor yang tidak mampu menutupi faktor resesif secara sempurna.misalnya persilangan antara bunga putih dengan bunga merah akan menghasilkan bunga warna merah muda .
  11. Alel adalah pasangan gen gen yang terletak pada lokus yang bersesuaian pada kromosom homolog.Alel disimbolkan dalam huruf yang sama.
  12. Homozigot adalah pasangan gen yang mempunyai alel yang sama misal BB,bb,MM,mm dan cc.
  13. Heterozigot adalah pasangan gen yang mempunyai alel yang berbeda misanya Bb,Mm,Cc, dan Kk.
  14. Galur murni adalah individu yang berasal dari perkawinan sendiri (bukan perkawinan silang) dan menghasilkan keturunan yang mempunyai sifat yang sama persis dengan induknya. 
  15. Pembastaran adalah perkawinan silang yang memiliki sifat  berbeda untuk menghasilakan individu baru

Komentar